18 November 2013

Murid Era Digital Perlu Terampil Dalam 25 Hal

Sudah lazim didengar istilah generasi digital di waktu sekarang ini. Bahkan mungkin berkembang menjadi Generasi Bayi Android. Karena gaung gadget dengan aplikasi android sedang sangat terkenalnya saat ini. Atau disebut juga Generasi Balita Tablet. Tablet adalah istilah umum untuk gadget/smartphone android.

Bagaimana generasi android saat ini, apakah lebih baik daripada generasi di abad lalu atau tidak, bukan inti dari bahasan kita kali ini. Kita terima saja, bahwa perkembangan dunia informasi dan teknologi memang sudah benar-benar merasuk ke strata masyarakat manapun.

Perhatian yang lebih menarik selanjutnya adalah, jika dikaitkan dengan dunia pendidikan, bagaimana sebaiknya para generasi android ini menyiapkan dirinya. Agar mereka mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang optimal sesuai jaman. 

Berikut adalah gambar deskripsi beberapa ketrampilan yang sebaiknya dikuasai oleh para pebelajar di abad 21 ini. 

credit



Tampak bahwa bukan hanya ketrampilan teknologi canggih saja yang penting, melainkan soft skill juga diperhitungkan. Bagaimana pebelajar pandai berimajinasi agar dapat mencipta konsep atau berinovasi. Bagaimana pikiran mereka dan wawasan mereka harus terbuka, bisa bekerjasama atau berkontribusi, peka dan simpati terhadap keadaan lingkungan dan lain sebagainya.

Apakah generasi digital atau generasi android kelak hanya akan menjadi individu yang hanya suka pada monitor tanpa berinteraksi sosial, sepertinya tidak akan seekstrim itu. Efek negatif dari teknologi kepada para pebelajar, bisa diminimalisir sejak dini atau bisa diseimbangkan dengan meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual pebelajar. Sehingga jika di abad selanjutnya teknologi pun berkembang jauh lebih canggih bahkan sampai tanpa satu tombol pun di alat-alat itu, maka para pebelajar kita khususnya masih sadar bahwa mereka tetap adalah manusia yang membutuhkan manusia lainnya. Konsep pendidikan, sekali lagi, memanfaatkan sisi positif dari teknologi dan bukan sisi negatifnya.

Semoga bermanfaat,
Heni PR

1 comment:

  1. sejarah Belanda, Jepang, bahkan Inggris kalah dengan Bambu Runcing bu RT..........

    ReplyDelete